Setelah melalui proses pengerjaan yang cukup panjang sejak 2007, Ray D’Sky merilis debut album perdananya tanggal 5 November 2009. Released by Reality merupakan sebuah koleksi album yang berkualitas, dengan komposisi musik yang bernarasi dan berbagi pemikiran serta kecintaan dan juga semangat atas pantai, matahari terbenam, musik, serta pola hidup yang juga turut menjaga kelestarian lingkungan.

Berisi 11 lagu, 8 ber-bahasa Inggris, 2 bahasa Indonesia dan 1 campuran keduanya. Album Released by Reality adalah dokumentasi proses pendewasaan musikal, konsep dan ide dari Ray D’Sky.

Angel menggambarkan tentang cinta secara universal. Alive bernarasi tentang kilas balik kehidupan pribadi Aray yang sedang memotivasikan diri untuk bangkit dan langkahkan hidupnya menuju tahap yang lebih nyaman & sederhana lagi. The Song adalah sebuah pandangan positif tentang hidup yang perlu banyak fantasi, dan masih banyak topik sosial lain yang disentuh dan direfleksikan Ray D’Sky dalam karya-nya di album ini. Tema standar tentang cinta juga diberi porsi lebih. Harus Dari Sini diangkat menjadi theme soundtrack film layar lebar Cinlok, produksi MD pictures dimana Bongky melibatkan dirinya sebagai Music Director dalam pembuatan film ini. Sedangkan Nyaman adalah sebuah track manis, yang bersama dengan Harus Dari Sini akan segera kita dengar familiar di radio.

Kolaborator dan musisi tamu diundang untuk menambah kaya lapisan instrumen dan suara. Ada Bongky, Didit(rekan seperjuangan Aray dalam band terdahulu, Plastik), musisi muda berbakat Iwano, yang mengisi pianica, piano, keyboard, dan juga percussion. Dan tak luput dari perhatian kita semua, session drummer muda Aci, yang membantu mengisi semua track drum dalam album ini. Selain itu banyak bertebaran musisi Indonesia yang membantu produksi album, seperti musisi kawakan Ivanka (Slank) yang turut menyumbang bass line, Tpenk(Steven & Coconuttreez), dan juga Anda ikut mengisi backing vocal dalam warna reggae ceria Lovely Day. Sayup terdengar lantunan vokalis berkarakter Oppie Andaresta, yang tampil berduet dengan Aray dalam lagu Blind. Conga oleh Hendrixus di lagu The Song, dan teriakan sensasional dari Ipang (B.I.P.) pada track Happy Endings, juga Ragga yang dibawakan dengan sempurna oleh Joe D’Wine dalam track Misty Day.

Apa yang akan anda dengar adalah lebih dari sekedar koleksi lagu dalam album. Released by Reality adalah sebuah potret, refleksi, jurnal dan dokumentasi Ray D’Sky terhadap isu dan semangat universal dalam menjaga kelestarian lingkungan. Respon dan opini anda akan berbeda-beda, yang penting anda sudah mengapresiasi musik dan pesan yang ada didalamnya. Enjoy.



Tracklist:

0 komentar:

Post a Comment

 
Top